• Ingin Mempercepat Daya Tangkap Otak? Ikuti Tipsnya Disini

    Ingin Mempercepat Daya Tangkap Otak? Ikuti Tipsnya Disini

    Apa kita sering lupa meletakkan sesuatu? Atau yang lebih parah, lupa dengan jadwal pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita secara tiba-tiba? Hm, mungkin itu bukan saja faktor U yang sering menjadi kambing hitam saat konsentrasi mulai menurun. Kita perlu cek lagi, ada apa dengan otak kita? Apakah kita mengalami penurunan daya tangkap otak?

    Letaknya yang berada di bagian dalam dan terlindung oleh kepala memang membuat otak sulit dideteksi. Namun, setidaknya kita bisa mulai mendengarkan tanda-tanda yang mengingatkan kita bahwa ‘ada sesuatu yang tidak beres’.

    Supaya performa otak tidak mudah turun dan daya tangkap otak bisa maksimal, berikut ini ada beberapa tips  untuk mempercepat daya tangkap otak :

    1. Seleksi makanan dan minuman yang kita konsumsi

    Makanan dan minuman saat ini tidak saja berfungsi untuk mengenyangkan saja, apalagi dengan kesibukan yang kian kompleks. Bahan makanan yang baik dan sehat juga sangat menentukan asupan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Penggunaan pestisida pada bahan makanan atau tambahan pengawet dan bahan kimia lainnya menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan. Penting untuk selektif bahan pangan organik.

    2. Asupan nutrisi yang tepat

    Setelah menyeleksi makanan dan minuman yang kita makan, kita juga harus mempertimbangkan nutrisinya. Gizi seimbang juga sangat mempengaruhi komposisi tubuh. Salah satu factor penting yang sangat menjadi penentu kesehatan otak adalah suplai nutrisi yang tepat. Protein dan asam folat adalah contoh nutrisi yang paling penting.

    Sedangkan fungsi otak sendiri dapat dipenuhi dari pasokan energi yang berasal dari karbohidrat dan glukosa yang sangat diutuhkan sekitar 30 %.

    3. Jaga pembuluh darah tetap sehat dari serangan penyakit

    Pembuluh darah adalah pembawa nutrisi menuju otak. Kesehatannya juga perlu dijaga agar kerja otak selalu maksimal dan daya tangkapnya juga tokcer. Protein dan asam folat juga bagus untuk pembuluh darah. Lemak dan kolesterol lah yang mesti dijaga ketat agar tidak berlebihan sebab bisa membuat aliran darah tersumbat bila jumlahnya meningkat. Ekstrimnya, pembuluh darah sampai pecah yang menyebabkan timbulnya penyakit stroke.

    Menjaga pembuluh darah berarti menghindari penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan asam urat. Jika sudah terdeteksi memiliki penyakit tersebut, tangani dengan cepat.

    4. Latih aktivasi otak dengan mengasah kreativitas

    Otak juga perlu diaktivasi agar tak mampet atau performanya menurun. Di saat senggang, isi waktu luang dengan bermain ketangkasan seperti video games edukatif, mengisi TTS, otak atik angka, atau mengasah kreativitas dengan ide-ide baru yang menantang.

    5. Istirahat yang cukup

    Tak ada yang lebih efektif untuk mengistirahatkan fungsi otak selain dengan istirahat yang cukup, yaitu tidur 7-8 jam sehari. Aktivitas otak yang begitu padat tidak disarankan untuk diforsir seperti kerja lembur dalam jangka waktu lama, begadang, dan semacamnya. Ingat, pola hidup tak sehat dari diri kita sendiri lah yang menyebabkan daya tangkap otak juga cepat menurun.

    Ya, itulah cara mempercepat daya tangkap otak yang sederhana dan bisa kita lakukan. Hanya butuh konsistensi untuk melakukannya dengan kesadaran bahwa otak adalah bagian terpenting dari segala pusat aktivitas kita.

    Redaksi SegarBugarIndo

     

    [fbcommentssync]