• Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

    Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

    Yoghurt adalah produk yang dihasilkan melalui fermentasi  bakteri dengan bahan dasar susu.  Yoghurt dibuat dengan menambahkan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh ke dalam susu yang tidak di sterilkan sebelumnya (untuk mengatur keseimbangan antara bakteri dan enzim dari susu) pada suhu dan kondisi lingkungan yang dikontrol. Hal itu akan meningkatkan keasaman sehingga menyebabkan protein susu menyusut menjadi masa yang padat atau kental.

    Penggunaan bakteri asam laktat pertama sekali diperkenalkan sebagai organisme pengasam susu dimana digunakan dalam kultur murni pertama yang berhasil diisolasi oleh J. Lister pada tahun 1873 adalah Bacterium lactis (yang belakangan dikenal dengan Lactococcus lactis). Bakteri asam laktat merupakan bakteri gram positif akan tetapi selnya  berbentuk batang atau bulat, baik tunggal berpasangan atau berantai. BAL bersifat mikroaerofilik sampai anaerob, tidak motil atau sedikit motil dan kompleks, serta bersifat mesofilik atau menyukai suhu 10 – 40 °C

    Berikut ini beberapa manfaat dari yoghurt diantaranya :

    • Penyakit intoleransi laktosa

    Penyakit ini biasanya terjadi pada anak yang sering menggunakan ASI selama perkembangan bayi sehingga anak ketika sudah dewasa diperkenalkan dengan laktosa maka pencernaan anak akan mengalami gangguan sehingga menjadi diare.

    Umumnya kultur yoghurt melibatkan dua atau lebih bakteri yang berbeda untuk proses fermentasi, yaitu Streptococcus salivarius, thermophilus dan bakteri yang berasal dari genus Lactobacillus, seperti L.acidophilus, bulgaricus, casei dan bifidus. Karena kultur yoghurt mengandung enzim-enzim yang dapat memecah laktosa, beberapa individu yang menderita penyakit ini dapat menikmati yoghurt tanpa terkena penyakit serius pada pencernaan.

    • Bagi pencernaan

    Lactobacillus bulgaricus termasuk bakteri asam laktat dikarenakan bakteri ini hidup dari “memakan” laktosa (gula susu) dan mengeluarkan asam laktat. Proses yang disebakan oleh bakteri ini maka memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh.

    Pertama dapat meningkatkan kemampuan usus besar dalam menyerap zat beracun, meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara menstimulasi sistem imun dalam pembentukkan sel makrofag, alternatif untuk diet sehat karena memiliki kandungan gizi sangat tinggi, rendah karbohidrat dan lemak akibat pemecahan dari bakteri, mencegah osteoporosis hal ini dapat terjadi karena bakteri jenis ini berfungsi dalam mempercepat proses penyerapan kalsium sehingga tulang lebih cepat memproses kalsium dalam pembentukkan tulang.

    • Dalam diet

    Dengan bakteri yang menciptakan sifat asam dari pemecahan berbagai jenis kandungan seperti laktosa yang merupakan bentuk lain dari glukosa dan lemak, maka yogurt sangat bagus ditambahkan ke dalam menu diet anda.

    Bakteri yang berkembang dalam tubuh akan mempercepat metabolisme dan menghasilkan energi yang maksimal sehingga penyimpanan lemak akan berkurang, yang lebih penting lagi dari penggunaan yogurt adalah peningkatan konversi protein menjadi asam amino sehingga lebih gampang diserap oleh tubuh dan digunakan untuk tubuh dalam regenerasi tubuh.

    yoghurt-pencernaan

    Dengan melihat manfaat dari yoghurt, ada baiknya kita mulai memasukkan yoghurt dalam menu keseharian untuk menjaga tubuh tetap sehat.

    Yuk jadi segar bugar dengan yoghurt!

     

    [fbcommentssync]