• Mari Jalani Gaya Hidup Sehat di Tahun 2018!

    Mari Jalani Gaya Hidup Sehat di Tahun 2018!

    Tak terasa kita sudah sampai di tahun 2018 ini. Bukan hanya kalender saja yang berubah, tentu semangat dan tujuan kita dalam hidup juga harus diperbarui.

    Kira-kira dari bulan ke bulan di tahun 2017, apa saja kebiasaan sehat yang sudah kita terapkan? Kalau jawabannya susah kita ungkapkan dalam waktu 5-10 menit, dan bahkan mulut kita terkunci rapat, itu artinya selama ini kita belum menerapkan gaya hidup sehat.

    Pantas saja kalau fisik kita cepat lelah, pikiran juga gampang stres. Ternyata tak hanya tujuan pencapaian secara materi yang perlu kita buatkan resolusi. Gaya hidup sehat yang menjadi pondasi kita untuk bisa beraktivitas juga perlu diperhatikan.

    Mumpung masih kurang sebulan lagi, yuk kita persiapkan dari sekarang. Beberapa resolusi gaya hidup sehat yang perlu masuk dalam daftar bisa dari beberapa hal berikut ini :

    • Memperhatikan pola makan dan sumber makanan

    Selama ini apakah kita termasuk orang yang makan asal kenyang dan merasa baik-baik saja? Pola pikir ini perlu kita benahi sejak sekarang. Sebab, tujuan makan tentu bukanlah sekedar kenyang. Tapi, sebagai sumber energy yang digunakan untuk melakukan aktivitas dan pastinya menunjang kesehatan kita dalam jangka waktu lama.

    Selain sumber makanan seperti bahan-bahan makanan organik dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, pola makan juga perlu diperhatikan. Selain sarapan rutin tidak lebih dari pukul 9 pagi setiap hari, kita juga tak boleh melewatkan makan siang hanya karena pekerjaan belum selesai. Apalagi kalau setiap hari harus brunch (breakfast and lunch) sekaligus yang kian lama kian menjadi tren.

    Selain itu, pola makan malam juga harus ketat. Sebaiknya tidak makan di atas pukul 7 malam. Kalaupun terpaksa, minimal berjarak 3 jam sebelum tidur malam. Juga, lebh baik makan dengan porsi sedikit tapi sering, daripada sekaligus dalam porsi jumbo. Lebih bagus lagi porsi sedang saja yang sesuai tubuh kita.

    • Penuhi nutrisi dengan nutrisi tambahan

    Saat ini tak ada yang bisa menjamin buah dan sayur bebas pestisida. Begitu pula beras sebelum menjadi nasi yang kita makan sebagai bahan makanan utama. Untuk mengurangi dampak buruk dari resiko seperti ini, nutrisi tambahan seperti vitamin juga penting. Pilih vitamin atau suplemen dengan bahan alami yang sesuai kebutuhan. Bagi yang memiliki penyakit tertentu, sebaiknya, konsultasikan dengan dokter.

    • Olahraga rutin

    Tak ada yang lebih alami untuk menghasilkan keringat dan menjaga badan tetap bugar selain olahraga rutin. Tak perlu setiap hari, bisa saja kita meluangkan waktu seminggu sekali, misal saat weekend tiba. Bahkan hanya dengan berjalan kaki, jogging, dan olah tubuh kecil.

    Bergabung dengan klub olahraga semisal aerobik, yoga, zumba, dan sebagainya juga bisa dicoba bila kita ingin memiliki jadwal rutin sekaligus bersosialisasi. Bila masih tak sempat, bisa juga dilakukan di teras rumah.

    • Tidak merokok dan minum minuman keras

    Siapaun pasti tahu bahaya merokok bagi kesehatan. Buat laki-laki yang telah menjadi kepala rumah tangga, ini perlu menjadi perhatian khusus. Sebab anggota keluarga akan menjadi perokok pasif yang bahayanya sama saja dengan si perokok aktif. Begitu pula minuman keras yang lebih banyak unsur negatif.

    • Mengelola stres

    Stres ternyata juga bisa dikelola. Banyaklah bersyukur, menepi sejenak dari rutinitas, dan melakukan me time adalah serangkaian kegiatan yang bisa kita pilih untuk mengelola stres. Menurunkan standar perfeksionis juga bisa dilakukan supaya beban kita terasa ringan. Ingatlah, just do the best and God do the rest.

    • Cek kesehatan secara rutin

    Ini juga perlu menjadi poin penting. Kadang banyak orang yang salah kaprah dalam menyikapi cek kesehatan. Ada yang beralasan, “Ah, nanti kalau periksa, malah ketahuan penyakitnya, malah takut”. Nah, ini persepsi yang keliru. Kenapa tidak dibalik dengan, “Justru dengan aku tahu penyakitku, aku jadi tahu harus ambil tindakan apa”. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?

    • Mengelola sampah

    Gaya hidup sehat juga termasuk persoalan lingkungan di sekitar kita. Lingkungan yang bersih akan menambah kualitas hidup kita dan keluarga. Biasakan untuk mengelolanya dengan memisahkan sejak dari rumah. Hibahkan barang yang kurang penting dan bisa didaur ulang untuk pemulang. Olah sampah basah menjadi pupuk organic untuk tanaman atau membuat biopori sebagai penambah resapan air hujan di teras depan atau belakang rumah. Hindari membakar sampah.

    Sudah siap dengan resolusi baru? Semuanya memang harus diniatkan. Jika tidak, pasti kita akan terasa berat melakukannya. Tapi, coba ingat-ingat lagi, manfaat yang akan kita terima jika menerapkannya. Yuk, bergaya hidup sehat dari sekarang!

    Redaksi SegarBugarIndo

    [fbcommentssync]